Kali ini saya mendapat tugas untuk
membuat makalah tentang CVT, setelah cari sana-sini akhirnya ketemu juga
materinya..hee, berikut menurut sumber yang saya ketahui semoga dapat bermanfaat
bagi pembaca.
CVT adalah kepanjangan dari Continuos Variable Transmission, yaitu system perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin, mesin ini tidak memakai gigi transmisi, tapi sebagai gantinya menggunakan dua buah pulley (depan dan belakang) yang dihubungkan dengan sabuk (v-belt).
CVT adalah kepanjangan dari Continuos Variable Transmission, yaitu system perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin, mesin ini tidak memakai gigi transmisi, tapi sebagai gantinya menggunakan dua buah pulley (depan dan belakang) yang dihubungkan dengan sabuk (v-belt).
Cara kerja dari mesin matic atau CVT (Continuous Varible Transmission) pada sepeda motor. Ternyata lebih sederhana dari mesin konvensional atau mesin bertransmisi.
Semua
komponen CVT terdapat pada box CVT atau secara kasat mata bentuknya adalah
lengan ayun sebelah kiri motor matic kita, yang terlihat begitu besar dan
berat. Disitu terdapat tiga komponen utama yaitu puly depan(Drive Pulley), puly
belakang(Driven Pulley) dan v-belt.depan dihubungkan ke crankshaft engine(kruk-as),
sedangkan puly belakang dihubungkan ke as-roda. Yang menghubungkan puly depan
dan puly belakang adalah v-belt.
Pada saat
stationer atau putaran rendah, puly depan memiliki radius yang kecil
dibandingkan dengan puly belakang atau rasio gigi ringan. Seiring dengan
bertambahnya putaran mesin (rpm), maka puly depan radiusnya juga ikut membesar
sedangkan puly belakang justru mengecil atau sama dengan rasio gigi berat.
Untuk kerja v-belt hanya menghubungkan kedua puly tersebut agar dapat berjalan
secara bergantian. Jadi saat puly depan membesar maka yang menyebabkan puly
belakang mengecil adalah karena desakan dari v-belt, karena panjang v-belt
selalu sama pada proses ini.
Karena kerja
CVT yang linear, maka mesin matic dapat menghasilkan akselerasi yang halus
tanpa adanya kehilangan tenaga.
0 komentar:
Posting Komentar