Mengoptimalkan Fungsi Netbook

Meski kinerjanya kerap dianggap rendah, fungsi netbook masih bisa dioptimalkan. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

  1. Untuk netbook yang menggunakan Windows, lebih baik menggunakan tema Windows Classic agar lebih ringan dan memperkecil penggunaan prossesor dan RAM (Random Accsses Memory).
  2. Gunakan Registry Cleaner untuk membersihkan registry yang tidak berguna pada netbook. Aplikasi freeware ini diutuhkan untk mempercepat kinerja komputer, banyaknya data sampah yang tersimpan dalam sistem operasi Windows dapat menyebabkan menurunnya kinerja komputer sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membersihkan data-data yang tidak dibutuhkan dan cenderung mengakibatkan lambatnya kinerja komputer.
  3. Lebih baik unisstall program yang sudah tidak terpakai atau yang sudah lama digunakan, apalagi kalau sama sekali tidak digunakan sebaiknya di unisstall saja.
  4. Defrag harddisk pada netbook, tetapi ingat jangan dengan Disk Defragmenter bawaan Windows yang akan men-defrag seluruh isi harddisk, gunakan Defraggler yang akan men-defrag data yang harus di-defrag atau Smart Defrag yang memiliki fungsi yang sama dengan Defraggler. Aplikasi ini berguna untuk menyusun kembali urutan-urutan sekitor (pecahan atau bagian) dari data atau berkas sehingga memudahkan Windows membaca data atau berkas tersebut.
  5. Jangan lupa matikan bluetooth, firewire, dan Wi-Fi apabila tidak digunakan untuk menghemat penggunaan baterai dan menghindari kasus virus yang menyebar melalui bluetooth.
  6. Lakukanlah update antivirus secara berkala layaknya Tune-Up sepeda motor,hee karena virus mempengaruhi kinerja komputer termasuk netbook.
  7. Tidak ada salahnya menggunakan program multimedia yang lebih ringan, seperti Media Player Classic HC atau GOM Player.
  8. Pada saat menggunakan netbook, lebih baik tidak menjalankan banyak program dalam satu waktu bersamaan karena akan membuat kinerja prossesor makin berat.

0 komentar:

Posting Komentar