MELAKUKAN PENGECATAN ULANG

A. Peralatan pengecatan
Hasil pengecatan yang baik tidak lepas dari kualitas peralatan yang digunakan. Peralatan utama yang sering digunakan pada proses pengecatan adalah sebagai berikut:

1. Kompresor Udara
Kompresor  bertugas untuk menghasilkan tekanan udara yang baik dan bersih sehingga siap digunakan untuk proses pengecatan. Lubang masuk (hisap) pada kompresor dilengkapi dengan saringan (filter) sehingga debu tidak bisa ikut masuk dalam sistem kerja kompresor. Kompresor umunya terdiri dari unit penggerak (motor), unit penekan (kompresor udara), serta tangki udara yang dilengkapi dengan katup pengaman.
Gambar Kompresor Udara
Motor penggerak pada kompresor bisa berupa motor bakar ataupun motor listrik. Tekanan angin yang dihasilkan oleh gerak bolak-balik piston, dimana terjadi langkah hisap dan pengkompresian. Udara yang dikompresikan tadi akan disalurkan ke tangki udara melalui katup tekan. Pada tangki terdapat saluran masuk dari kompresor, saluran keluar menuju pipa-pipa penyalur (ke beban) yang dilengkapi katup kran manual, katup pengaman tekanan otomatis dan pressure gauge untuk mengontrol tekanan udara pada tangki. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika insstallasi pipa penyalur, seperti:
a. Pressure Drop atau penurunan tekanan yang disebabkan oleh gesekan antara udara yang mengalir dalam pipa dengan permukaan dalam pipa-pipa penyalur. Semakin panjang pipa penyalur maka akan mempengaruhi besarnya pressure drop.
b. Kebocoran yang minimal, biasanya terdapat kebocoran pada sambungan antar pipa penyalur.
c. Penyaringan/Filtering harus baik, sebelum udara bertekanan didistribusikan maka harus disaring terlebih dahulu dan distabilkan tekanannya melalui unit air transformer.
2. Air Transformer
Udara bertekanan dalam tangki dapat menimbulkan kondensat atau uap air. Udara yang terlalu banyak mengandung uap air tentunya kurang baik apabila digunakan untuk proses pengecatan, Maka dari itu dipasangkanlah unit Air Transformer yang terdiri dari dua bagian yaitu kondensor/filter dan regulator. Kondensor berfungsi untuk menyaring dan mendinginkan atau mengembungkan uap air pada udara Regulator berfungsi untuk mengurangi tekanan dan mengaturnya agar tetap stabil sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan. Pada regulator dilengkapi dengan pressure gauge.
Gambar Regulator & Filter Udara
3. Selang Udara
Selang udara berfungsi untuk menyalurkan udara bertekanan dari unit penyalur ke unit pengguna seperti air sander, air polish, spray gun dan lain-lain. Selang udara terbuat dari plastik dan karet yang dilapisi anyaman nilon supaya lentur namun tetap tahan terhadap tekanan.
 Gambar Selang Fleksible roll
Gambar Selang Fleksible Spiral

4. Ruang Cat (Spray Booth)
Ruang cat merupakan ruangan berventilasi khusus yang disediakan untuk melakukan proses pengecatan. Ruangan ini dilengkapi ruangan kipas exhaust yang berfungsi menghisap debu, uap air, dan kotoran yang ada di ruang cat supaya tidak ikut menempel pada permukaan yang dicat.
Gambar Ruang Cat (Spray Booth)
5. Ruang Pemanas (Oven)
Ruang pemanas merupakan ruangan khusus dimana mempunyai seperangkat alat yang mampu menghasilkan panas yang stabil sesuai dengan temperature yang diperlukan Ruang ini berfungsi untuk membantu mempercepat proses pengeringan cat.
Gambar Ruang Pemanas (Oven)
6. Spray Gun
Spray gun adalah alat yang menggunakan udara bertekanan untuk mengatomisasi cat agar menyembur halus dan menempel secara merata pada permukaan benda kerja. Cara krjanya menggunakan prisnip kerja kevakuman. Apabila udara bertekanan dikeluarkan dari lubang udara pada air cap, maka tekanan ncegative akan timbul pada ujung fluida. Selanjutnya akan menghisap cat pada cup, kemudian cat tersebut disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi.
Type-type Spray Gun
Secara gari besar, spray gun dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe umpan berat (gravity feed), tipe umpan hisap (suction feed), dan tipe kompresi (compression feed).
Gambar Type Spray Gun
Sumber informasi Modul TSM

0 komentar:

Posting Komentar